Rabu, 13 April 2011 | By: life_

Beatboxing

Apakah itu Beatboxing?

Beatboxing, aka vokal perkusi, lebih memfokuskan dalam seni pencipataan ketukan (beats) dan rhythms dengan menggunakan mulut manusia. Namun, juga turut mengikutsertakan peniruan berbagai macam suara, seperti scratching,sesuatu yg seorang beatboxer scratch kuasai.

Seorang Beatboxer yg handal biasanya dapat mendemostrasikan kemahiran vokal yg luas.

Multivokalisme menjelaskan proses pengabungan beatboxing itu sendiri, peniruan suara, bernyanyi dll-pada dasarnya semua yg vokal.Namun, dapat juga dibilang bahwa pada dasarnya semua kata "beatboxing", "vokal percussion" dan "multivokalisme" adalah sama.

"vokal percussion" lebih umum dapat diasosiasikan dengan a-cappella dan grup2 rockapella, sedangkan "beatboxing" dan "humanbeatbox" adalah term-term yg umum diasosiasikan dengan hip hop atau genres musik2 urban lainnya. "Multivocalism" adalah term yg relatif baru, dipopulerkan oleh seorang beatboxer asal UK bernama Killa Kela.

Vokal perkusi/beatboxing telah digunakan bertahun2 dalam grup2 a-capella, namun sekarang ini mungkin lebih utama diasosiasikan dengan musik hiphop, sering dihubung2kan juga sebagai "the 5th element of hip hop". Sayangnya, beatboxing juga telah dijabarkan sebagai "a lost art", yg oleh sebagian orang dari komunitas beatboxer dunia ingin merubahnya.

Human beatbox Legends seperti Buffy, Doug E Fresh, dan Biz Markie telah membantu menguatkan eksistensi beatboxing munuju titik pencerahan pada 1980an, dan scene tersebut terus berkembang hingga kini.

Sekarang, di awal abad 21, beatboxing telah mngukuhkan diri untuk dapat dikenal lebih jauh oleh masyarakat sebagai suatu "artform" dalam lingkupnya, dan menjadi phenomenal internasional dalam prosesnya.(Article by A-Plus in www.humanbeatbox.com. diterjemahkan oleh TitzG).


So..??hmm..bagaimana perkembangan beatbox di indonesia sendiri??mungkin ngga ya, akan ada suatu pergerakan sendiri dari, "at least", orang dalam komunitasnya itu sendiri?
dapatkah orang indonesia sendiri menerima apresiasi seni yg disebut "human beatbox" ini?hmm...

Opini gw sendiri sech, beatbox adalah suatu karya seni yg sangat indah, membutuhkan skil yg juga sangat menantang dan keuletan untuk si pelaku untuk selalu invent dan mengembangkan bagian2 dari unsur2 beatbox itu sendiri, sama seperti bentuk seni yg lain....!
Untuk sebagian orang, di indonesia sendiri, mungkin menganggap hal ini hanyalah suatu pembentukan ide atau gagasan yg kurang ideal di bilang suatu seni, namun seiring dengan perkembangan, opini ini lama kelamaan mungkin dapat terkikis dan juga semakin banyaknya orang mulai mengenalnya dan dapat menikmatinya.
Namun dari pengamatan gw sendiri, animo masyarakat melihat pertunjukan beatbox sendiri sudah mulai berkembang, meskipun terkadang juga sangat kurang apresiasinya...hal ini tergantung dari si beatboxer sendiri untuk selalu mengembangkan trik and da art it self...tergantung gimana si beatboxer membuat si penikmat/penonton bisa enjoy and entertained...

0 komentar:

Posting Komentar