Sabtu, 26 Februari 2011 | By: life_

Parkour

Pengertian singkat mengenai Parkour.

Parkour adalah seni bergerak dan metode latihan natural yang bertujuan untuk membantu manusia bergerak dengan cepat dan eficien.
Parkour mengunakan beberapa gerakan seperti berlari, memanjat, meloncat untuk melatih kemampuan manusia untuk melewati segala bentuk rintangan di berbagai situasi dan kondisi di lingkungan urban atau rural.
Untuk berlatih parkour seorang tidak membutuhkan perlengkapan special. Hanya menggunakan sepatu lari, kaos, dan celana yang nyaman untuk lari. Parkour adalah cara hidup, cara belajar untuk menguasai kemampuan diri kita dan terus berkembang ke level fisik yang lebih sehat.
Komunitas parkour di seluruh dunia itu adalah komunitas anti kompetisi yang berarti bahwa kita berlatih bukan untuk menjadi lebih hebat dari orang lain, tapi untuk menjadi lebih baik dari kemampuan diri kita sendiri di hari kemarin.

Parkour di mata David Belle

“Parkour adalah sebuah keinginan, cara hidup, serta olah raga yang memiliki metode natural untuk mengembangkan semua kualitas yang bisa dilakukan oleh tubuh manusia. Menambah stamina, kegesitan, kecepatan dan tenaga hanyalah langkah pertama di Parkour.
Sebagai orang yang berlatih gimnastic, athletic dan bela diri, saya sudah mempunyai fondasi kemampuan dan skill yang saya rasa masih terlalu terbatas dengan struktur yang dibutuhkan dalam setiap aktifitas yang saya lakukan. Jadi, saya membuat olah raga dengan gaya tersendiri, yaitu sebuah seni yang tak ada batasan-batasan struktur[equipment]. “Hanya cukup celana joging, sepasang sepatu lari, dan diri saya.sendiri”
“Sewaktu berlari, saya akan menentukan suatu lokasi sebagai objectif, dan berkata pada diri sendiri ; Saya akan pergi kesitu, saya akan langsung menuju langsung ke situ.
saya akan ke situ secepat mungkin. Dan tak ada halangan yang akan memberhentikan saya.”
“Ide dasar dari Parkour adalah seorang yang berlari dan tak akan ada halangan apapun yang bisa memberhentikan dia.”
David Belle
“Anda harus melewati rintangan yang anda bilang “saya tidak bisa,”. Apakah itu hanya di pikiran anda atau memang kenyataan, anda barus bisa beradaptasi dengan apa saja yang berada di depan anda. Inilah methode untuk belajar bergerak di dunia kita. Untuk mencari dan menemukan kebebasan yang manusia miliki semenjak dahulu kala”
David Belle

Parkour menurut Jean Belle [Kakaknya David Belle]

“Pakour adalah olahraga serba guna yang akan membantu anda bergerak, memanjat, meloncat, dan anda tidak akan terus terhalang akan tembok atau rintangan yang menghalau anda untuk maju ke depan.
Parkour adalah methode latihan yang bertujuan untuk membuat anda lebih kuat. Jadi, sangat normal bila anda harus berlatih dengan kuat [keras].
Parkour akan membuat seseorang lebih gesit. Anda meloncat, rolling, mengkoordinasi badan dan
lebih gesit sehingga mengembalikan kemampuan yang telah lama hilang. Yaitu kekuatan manusia yang akan memberikan perkembangan ke aspek fisik dan mental untuk terus melangkah menyeberangi segala sesuatu yang membatasi atau menghalangi anda untuk berkembang dan meneruskan parkour. Kekuatan [kemauan keras] untuk menghilangkan ketakutan dan keragu-raguan anda yang dirubah menjadi kemauan untuk menjadi lebih maju, belajar meloncati rintangan dan berkembang meloncati rintangan yang lebih besar. Badan anda perlahan akan beradaptasi. Mungkin proses ini memang lama dan susah serta menghadapi segala rasa ketakutan anda. Anda akan belajar dan akan mengerti tentang kemampuan dan kelemahan diri anda”.

0 komentar:

Posting Komentar